Blog yang membahas berbagai macam artikel cara dan tips serta artikel kesehatan dan kecantikan,semoga bermanfaat

Rabu, 29 Oktober 2014

Cara menentukan usaha yang tepat

Kadang kita merasa kebingungan ingin mendirikan usaha apa, walaupun kita punya modal yang banyak tapi jika ide akan mendirikan usaha apa tidak ada ya sama saja tidak dapat merealisasikannya.

Jika kebanyakan orang berkata, buatlah usaha sesuai dengan hobby mu. Tapi tidak semua orang suka dengan hobby kita. Nah disini kita bahas tentang tips tips menentukan usaha yang tepat.

1. SUPPLY & DEMAND concept daripada Passion/Hobi 
Setiap kegiatan usaha itu terjadi karena adanya permintaan akan kebutuhan (demand) dan adanya yang menyediakan kebutuhan tersebut (supply). 

Rumus dasar ini lebih penting daripada PASSION atau HOBI. Kenapa saya perjelas? Banyak sekali yang mulai usaha tanpa ada pengalaman bahkan lebih parah tanpa ada mentor / bekal ilmu, mulai usaha berdasarkan passion atau hobi. 

Bukannya jelek mengawali usaha berdasarkan passion / hobi, kalau passion itu orientasi nya kepuasan batin. Kalau bisnis orientasinya profit. IT ALWAYS DOES, DONT MIXED IT! Hehehe. Meskipun nggak jarang juga yang passionnya dijadiin bisnis  malah menguntungkan.

2SUPPLY & DEMAND concept 
Sebagai contoh penerapan SUPPLAY & DEMAND Concept 

Misalkan ada si A dan si B di lokasi X. Lokasi X merupakan wilayah perkantoran. Dengan modal yang sama misalkan 10juta rupiah. 
Yuk sama-sama lihat, belajar berpikir dari DEMAND nya apa baru SUPPLY nya gimana. 
Si A melihat seperti kebanyakan melihat, dia bisa SUPPLY apa lalu memaksakan / berharap create DEMAND. Karena si A ini hobi gadget, dia segera menyewa tempat, stok HP, stok perdana, voucher, dan sebagainya. 
Bermodalkan keyakinan. Si B lain lagi. Dia melihat dari DEMAND. Kalau sentra perkantoran kan pasti pada makan siang karyawannya.  Walaupun ada beberapa yang disediakan kantor, tapi pasti ada bosennya. Lagipula kalau pulsa dan belanja hp belum tentu ada tiap hari.  Kalau lapar? tiap hari harus isi perut, DEMAND nya GEDE nih!! Buka kantin prasmanan aja  Di jamin si B usahanya lebih maknyos!!! 
Perlu di ingat ya, belajar berpikir dari akhir. DEMAND nya apa? BUANG/JUAL nya ke siapa, ke mana? Baru mikirin SUPPLY. Banyakin berpikir bebas atau berkhayal yang positif dan bermanfaat

3. UNIK belum tentu bagus 
Misalkan kita punya ide bikin pulpen dari buah. 
Wiiih sedaap, unik, the first and only, gokil, dsb!! 
Keren sih gan, tapi balik lagi DEMAND nya ada ga? yang mau beli siapa? "tapi harganya murah" Tetep aja gan yang mau beli nya siapa? Selalu ingat SUPPLY & DEMAND concept.

4. Berpikir menjadi solusi Daripada mentingin passion, hobi, atau unik/beda
mendingan pikirin gimana caranya kita memudahkan orang yang tadinya sulit. Ini tahap advance CREATE DEMAND namanya, yang tadinya DEMAND nya nggak ada, bisa jadi ada. 
misal balik ke contoh si B di atas,  B melihat fenomena bahwa yang berkantor di lantai 10 kalau mau makan harus turun ke lantai dasar. Repot, antri, mahal-mahal, dsb. Si B berpikir gimana caranya "membantu" si karyawan-karyawan tersebut. akhirnya dibuka lah delivery order. karyawan di lantai 10 jadi merasa terbantu, B bukan lagi dagang, tapi SOLUSI


5. Analisa competitor yang sudah ada  

Amati, Tiru, dan Modifikasi kompetitor. 
Belajar dari pengalaman mereka. Misal paling sederhana, mau bisnis pasti laku?? BUKA TENDA PECEL LELE disamping KF* atau MC*ONALDS. Kenapa pasti laku??? Perusahaan multinasional seperti itu kalau mau buka tempat usaha pasti survey nya gila-gilaan dan modal gede. 
Berapa orang ada di wilayah itu, jajannya berapa duit, dsb. Kita ga perlu keluar duit hehe buka aja. Mau dagang sama-sama ayam juga ada aja rezeki  

Liat ROXY segede itu dagang HP semua laku-laku aja dan pada kaya soalnya orang yang punya DEMAND gadget/hp dsb pasti datang ke situ. Sebaliknya buka lapak HP atau pecel lele di tengah lapang, emang sih jadi yang pertama, tapi siapa yang beli? 

Karena PERTAMA BELUM TENTU TERBAIK


6. Belajar Mendelegasikan Kepercayaan dan Kerjasama
Memang resiko dari percaya sama orang adalah dikhianati, Tapi nggak percaya sama orang sama aja kita khianatin usaha kita! 
Gimana mau bisnis kalau nggak libatkan orang lain. Jangan sempit hati ntar sempit dompet. Sekalipun kepercayaan harus, kenali baik-baik, pelajari, analisa, jangan buru-buru Minimalisir resiko.


7. Cari Mentor
Banyak bertanya dan Belajar Ini sifatnya Wajib siapa pun juga dah tau pasti. Jangan berhenti belajar dan jangan malu belajar dengan orang yang sudah memiliki pengalaman lebih banyak daripada kita.


8. MODAL 
Modal penting, tapi apa artinya modal kalo tips 1-7 masih berantakan.  Orang yang punya uang, uangnya bisa habis. Tapi orang yang paham tips 1-7 dari ga punya uang juga bisa jadi punya uang. Modal nya dari mana? Banyak pilihan. Tergantung kesiapan dan kondisi kita.


9. BERANI 
Kalau langkah-langkah di atas sudah dilakukan, kita harus berani, fokus, pantang menyerah. Ada rasa takut wajar, "kalo RUGI gimana?" ganti sama pertanyaan ini dong. "biar UNTUNG gimana caranya ya?" hasil nya pasti beda, cobain aja tips tipsnya.


10. DUA PASAL SAKRAL dalam BISNIS 
pasal 1. BISNIS PASTI UNTUNG 
pasal 2. Kalau merasa rugi, INGAT PASAL 1. 
gagal udah wajar, coba lagi, lagi, dan lagi 
Masa iya gagal terus, Kalau rugi saya selalu berpikir kalau saat itu saya lagi belajar misal rugi 100 berarti saya ikut pendidikan bayar nya 100 
Meskipun begini tapi tetap proses manusiawi jalan, kalau macet tagih, kalau ditipu ya diurusin Tapi jangan negatif, capek, hasilnya apa??? 

Misal kita bisnis modalin si A yang bisnis HP di atas, bisnisnya belum bisa kasih keuntungan dijanjikan. Kita marah dan mengacu sama perjanjian, nuduh penipu, duit balik, dsb.  
kalau ternyata si A malah down dan ngilang gimana? kalau ketangkep dan dipenjara juga duit kita gimana? Belum rugi waktu n biaya lagi, perasaan  terutama. Be Mature, Be Clever, But not Fool Ajak aja duduk bareng obrolin baik-baik, doa bareng.  bantuin dan kasih kesempatan. toh kalo si A sukses duit kita bisa balik kan. 
Tapi kalo kita hujat, mentalnya hancur, reputasinya hancur, lha dia nanti mau dagang dan dipercaya sama siapa? 
Terus kita minta duit balik plus ganti rugi? Yang bodoh siapa, si A dapet duitnya gimana?? Tanpa bermaksud merendahkan, membela siapapun, tapi itulah realitanya, Saling baik dalam memperlakukan. 
Dan sejatinya semua harta itu titipan TUHAN. Kita mengeluh wah dasar **** si A, duit ane ditipu 10 juta!! 
Lebih enak begini, ooh karena izin TUHAN makanya saya kehiilangan 10 juta. IKHLAS tetap ilang, Nggak ikhlas juga tetap ilang. IKHLAS aja lah, ntar juga diganti yang lebih baik buat kita dan buat yang jahat juga ada gantinya. Tapi jangan lupa ya, langkah manusiawi (tagih, dsb) tetap dilakukan, tapi mental kita tetap jadi THE WINNER bukan THE LOSER.


Negatif thinking dapat mempersulit jalan kita untuk menuju keberhasilan.

Cara menentukan usaha yang tepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown