Blog yang membahas berbagai macam artikel cara dan tips serta artikel kesehatan dan kecantikan,semoga bermanfaat

Jumat, 20 Maret 2015

Cara membedakan batu akik asli atau palsu

Sebelum membeli batu akik ada baiknya anda mengetahui cara membedakan batu akik asli atau palsu Saat ini di indonesia hampir di semua daerah sedang booming batu akik sehingga harganya pun melonjak,ada beberapa hal dan beberapa jenis batu akik atau batu mulia yang sangat digemari.Jenis Batu akik atau batu mulia yang sangat di gemari antara lain batu berlian,mira,jamrud,badar besi,bacan,mata kucing,safir dan jenis jenias yang lain.adapun hal yang menyebabkan batu akik atau batu mulia ini disukai adalah kemurniannya,warnanya,besarnya,kelangkaanya, dan juga kepercayaan memakai batu akik atau batu mulia bisa membawa rejeki maupun hoki,menyehatkan tubuh,dipercaya orang dan lain sebagainya,Hal hal tersebut diatas menyebabkan harga batu akik atau baju mulia menjadi sangat tinggi apalagi sekarang sedang trend memakai batu akik di jari.


Beberapa tips berikut ini bisa menjadi panduan membedakan batu akik asli atau palsu sebelum anda membelinya sehingga anda tidak tertipu.yang perlu juga di ketahui adalah beberapa istilah batu akik atau batu mulia diantaranya 

1. Natural/alami: dikatakan natural jika batuan tersebut ditambang langsung dari alam. Walaupun nantinya telah melalui beberapa proses treatment spt "Heat" (pemanasan untuk memperbagus wrnnya), "dyed" (pencelupan wrn melalui proses kimia), dll maka tetap dapat dikatakan natural/alami.
2. Synthetic/sintetis: batu ini dibuat menyerupai aslinya dengan menggunakan mineral yg persis seperti aslinya. Dikenal juga dgn istilah "Lab Grown". Contoh yg paling umum adalah pada Synthetic Sapphire. Mineral yg digunakan sama persis seperti aslinya yaitu corundum namun dibuat di lab khusus untuk pembuatan batu permata dengan metode yang sudah canggih.
3. Simulant: ini merupakan batu yg tidak termasuk ke dalam jenis natural ataupun sintetis. Batu ini biasanya menggunakan kaca atau bahkan plastik sebagai materi utama pembuatannya. Secara umum banyak dikenal dengan nama "Man Made Glass".

Cara untuk membedakan batu akik asli atau palsu adalah sebagai berikut

Cara tradisional tanpa menggunakan alat atau menggunakan peralatan sehari hari
  • Batu akik asli atau natural  jika diletakkan di telapak tangan atau ditempel di pipi akan terasa dingin
  • Batu akik asli atau natural  jika ditetesi air , maka airnya akan menggumpal , tidak jatuh tergelincir      ke sisi permukaan batu
  • Jika batu akik dipegang terasa lengket, maka kemungkinan besar batu tersebut palsu
  • Gunakan loupe untuk melihat serat di dalam batu akik,karena sangat jarang batu akik tanpa       serat,jika tidak berserat maka bisa dipastikan batu akik tersebut palsu
  • Jika Batu akik di sulut dengan api putung rokok atau di bakar dengan korek api, maka tidak akan ada perubahan warna gosong atau titik meleleh pada batu, setelah lama di bakar atau di sulut pasti akan menghasilkan cairan minyak berwarna cokelat, nah jika batu akik tersebuat merupakan batu akik asli ketika di usap maka cairan tersebut akan hilang dan tidak berbekas atau menempel kuat dibatu, jika palsu meski di olesi air atau minyak untuk menghikangkan, bekasnya tidak akan hilang. “Jika di bakar atau di sulut api rokok / korek tidak meninggalkan bekas bakar yang aneh”
  • Meski dibakar batu akan panas dan kembali cepat mendingin, beda dengan kimia plastik atau kaca buatan, yang akan cukup lama menyimpan hangat atau panas.
  • Batu akik yang asli akan terasa lebih berat bila dibandingkan dengan batu akik palsu


Cara mebedakan batu akik asli atau palsu yang kedua adalah dengan cara modern yaitu mengirim batu akik ke laboratorium gemologi,berikut ini daftar laboratorium gemologi
* BIG LAB / Ben's International Gems LAB
* GRI LAB / Gemological Research International LAB
* TGL / Tasbih Gems LAB
* SKY Lab
* AGL / Adamas Gemological Laboratory
* IGL / Internationala Gemological Laboratory
* Flamboyant Gem lab
* LPSB [kalimantan] / Lembaga Penelitian dan Sertifikasi Batu mulia
* Pusat Promosi Batumulia Indonesia (Bandung)
* ACC Gem Lab
* KGL / Kian's Gemological Laboratory (Surabaya)



Cara membedakan batu akik asli atau palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Terima kasih sudah berkomentar