Blog yang membahas berbagai macam artikel cara dan tips serta artikel kesehatan dan kecantikan,semoga bermanfaat

Senin, 04 Juni 2012

Cara Merawat Dapur dan Peralatan Masak

Dapur yang bersih, rapi, dan teratur, akan sangat membuat proses memasak anda menjadi lebih mudah dan efektif. Tak hanya dapur, peralatan masak anda juga harus dirawat dengan baik agar bersih dan tahan lama. Simak beberapa hal berikut ini yang bisa Anda coba untuk menjaga kecantikan dan kerapihan dapur dan peralatan masak Anda.

Bila panci atau wajan Anda berkerak dan sulit dibersihkan, Anda bisa menggunakan panci atau wajan Anda tersebut untuk merebus air panas yang telah ditambahkan 1 sendok teh baking soda. Diamkan selama sekitar 30 menit, lalu bersihkan lagi dengan spons kawat. Cara ini bisa digunakan juga pada berbagai perabotan berbahan dasar stainless steel dan aluminium.

Bila lemak atau bau amis masih menempel pada peralatan makan Anda, gosoklah peralatan makan tersebut dengan air jeruk nipis, lalu diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu, cuci bersih peralatan makan tersebut dengan sabun.

Setelah selesai mencuci piring, jangan biarkan spons cuci yang sudah Anda gunakan terendam dalam larutan sabun cuci dalam waktu yang lama, karena bakteri dari sisa makanan bebas berkembang biak. Keringkan dan cuci bersih spons setelah dipakai.

Blender atau food processor cenderung sulit untuk dibersihkan. Tapi ternyata ada cara sederhana untuk melakukannya: masukkan campuran air hangat atau beberapa tetes cairan pencuci piring ke dalam blender/food processor. Nyalakan blender/food processor tersebut selama beberapa saat lalu buang air bekas cucian tersebut dan cuci bilas seperti biasa.

Semoga dengan dapur yang teratur dan bersih, Anda akan semakin semangat menyiapkan menu masakan yang sehat dan lezat untuk keluarga.

Cara Merawat Dapur dan Peralatan Masak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown